Thursday, January 28, 2016

Horee, Sekarang Gaby Punya Dede



Sejak lahir Gaby ngga pernah mau jauh dari mama. Kalo ngga liat mama, pasti Gaby nangis. Kalo liat mama langsung senyum dan berhenti nangisnya. Pernah pas Gabybaru 2 bulan, waktu mama lagi mandi Gaby nangis kejer walaupun ada ama yang jaga. Mama jadi buru2 mandinya dan kepeleset di kamar mandi sampai ngga bisa bangun 1 minggu karena keseleo.
Pernah mama pergi sebentar keluar rumah, eh pulang-pulang Gaby nangis bombay sambil digendong ama. Kata ama, Gaby nangis terus ngga berhenti2. Pas liat mama pulang Gaby langsung senyum. Padahal tadinya nangis kejer. Kalau mama perginya 2 jam, pasti Gaby nangisnya juga 2 jam, sampai liat muka mama baru Gaby berhenti nangis. Gaby…Gaby…
Dulu mama mikir kalo Gaby sendirian ga punya saudara kandung pasti akan kesepian. Ga enak kalo jadi anak tunggal seperti mama. Enaknya banyak saudara jadi kalau sudah besar bisa saling bantu kalau suatu saat lagi ada masalah. Akhirnya pas Gaby umur 2 tahun 3 bulan, Gaby dikasih dede juga sama Tuhan.
Waktu mama lahirin dede di rumah sakit Hermina Daan Mogot, Gaby nungguin mama sampai jam 8 malam. Pas Gaby mau pulang ke rumah, Gaby bilang ke mama “Mama pulang juga ya sama Bibie.” Karena mama harus nginap di rumah sakit, Gaby nangis lagi. Masih teringat di telinga suara tangisan Gaby memecahkan keheningan malam di rumah sakit itu sampai suaranya menghilang dari kejauhan.
Ternyata sampai rumah Gaby tetep nangis. Sampai dini hari keesokan harinya Gaby baru berhenti nangis. Sampai ada 4 orang yang temenin Gaby tidur supaya berhenti nangis ( papa, ama, popo, kuku Sui-Sui ).
Pas mama pulang dari rumah sakit, Gaby menyambut mama dan dede di rumah pakai baju yang ada di foto ini. Gaby langsung lari keluar rumah menyambut mama dan dede walaupun masih pakai kaus dalam. Dan mama bilang “Hati-hati ya Bie ini dede bukan boneka. Jadi jangan loncat-loncat deket dede nanti keinjek lagi. Ini mama kasih dede buat Bibie. Supaya Bibie ngga kesepian. Nanti kalau sudah besar harus saling menyayangi dan saling bantu. Jangan kayak mama jadi anak tunggal. Ngga enak kalau sendirian dan ngga punya saudara.”
Sekarang dede bilang ke mama “Ma cie-cie kenapa tinggalin dede. Masa dede sendirian. Kan ngga enak sendirian. Enakan ada cie-cie Gaby.”
Jawab mama “Dede tetep punya cie-cie, tapi cie-cienya udah di surga. Nanti kalo dede sudah jadi nenek-nenek dan meninggal, pasti ketemu lagi sama cie-cie Gaby di Surga. Tapi dede ke surganya nanti aja kalau sudah jadi nenek-nenek.”
Dede menjawab “Nanti kalo dede jadi nenek-nenek ketemu cie-cie, nanti cie-cie masih kecil dong ma. Masa dede jadi nenek-nenek, cie-cie masih jadi anak kecil.”
Saat lagi makan ayam goreng, dede bertanya “Ma ini ayamnya udah ke surga ya ?”
Mama jawab “Kalo ayam mah ngga ke surga de. Manusia aja yang ke surga. Nanti kalo ayam juga ke surga, surganya penuh sama ayam dong. Soalnya dalam sehari bisa ada berapa banyak ayam yang mati untuk dimasak. Di setiap meter ada penjual sate ayam, ayam bakar, dll.”

No comments:

Post a Comment